Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Etika Murid Terhadap Guru (Hadits Tarbawi)

etika murid pada guru


Etika murid terhadap guru sangat perlu digunakan dalam proses pembelajaran, terutama dalam materi hadis tarbawi yang akan dipelajari dalam mata kuliah di berbagai kampus. 

Pada dasarnya, proses pembelajaran berkaitan erat dengan empat unsur, yaitu: pendidik (guru), anak didik (murid), materi pelajaran, dan sisitem pengajaran. Dalam mencapai tujuan pendidikan yang diinginkan, pendidik dan anak didik merupakan dua unsur yang saling memilki ketergantungan. Posisi murid dalam bingkai pendidikan merupakan subyek dan sekaligus obyek. Melihat kompleksitas posisi murid hendaknya dibekali dengan kemampuan dasar yang cukup.

Untuk mencapai harapan tersebut, maka lembaga pendidikan (baik formal maupun non-formal) perlu mengutamakan manajemen dan penataan yang baik, serta pengelolaannnya tidak boleh bertentangan dengan aturan-aturan al-Qur’an dan al-Hadits. Aturan-aturan dalam al-Qur’an dan al-Hadits tersebut, disamping sebagai sumber hukum, juga menjadi sumber ilmu bagi umat islam, bahkan umat-umat lainnya.


Karena ilmu itu hakikatnya dari Allah SWT, maka harus ada etika dalam pengaturannya.
Berkaitan dengan uraian di atas, makalah ini akan mengkaji tugas dan etika murid dalam perspektif hadits. Agar pembahasannya tidak terlalu melebar, maka dibatasi dengan: pengertian murid, karakteristik murid dalam perspektif hafits, tugas dan tanggung jawab murid dalam perspektif hadits, hak-hak murid, dan etika murid

Pengertian Murid


Dalam bahasa Indonesia, makna siswa, murid, pelajar, dan peserta didik merupakan sinonim. Semuanya bermakna anak yang sedang berguru (belajar, bersekolah), anak yang sedang memperoleh pendidikan dasar dari suatu lembaga pendidikan.

Dalam bahasa Arab, term peserta didik (pelajar) diungkapkan dengan kata-katatilmidz ( jamaknya talamidz, talamidzah) dan thalib (jamaknya thullab), yang berarti mencari sesuatu dengan sungguh-sungguh. Kedua istilah tersebut digunakan untuk menunjukkan pelajar secara umum. Selain tilmdz dan murid, seseorang yang sedang menempuh pendidikan diistilahkan juga dengan thalabab, al-‘ilm, muta’llim, thifl, danmurabba.

Berdasarkan pada pengertian di atas, dapat dikatakan bahwa anak didik merupakan semua orang yang belajar, baik pada lembaga pendidikan secara formal maupun lembaga pendidikan non formal.


Karakteristik Murid dalam Perspektif Hadits


Secara fitrah, anak memerlukan bimbingan dari orang yang lebih dewasa. Hal ini dapat dipahami dari kebutuhan-kebutuhan dasar yang dimilki oleh setiap orang yang baru lahir, Allah swt berfirman:
بٔطٔونِ  أٔمَّهَا تِكُمْ لاَ تَعْلَمَُوْنَ شَيئًا وَ جَعَلَ لَكُمُ السَّمْعَ وَالأَ بْصَارَوَالأَفْئِدَةَ لَعَلَّكُمْ تَشْكُرُوْنَ  ْ مِّن ْ أَخْرَجَكُم وَالله

Artinya: “Dan Allah mengeluarkan kamu dari perut ibumu dalam keadaan tidak mengetahui sesuatu pun, dan Dia memberi kamu pendengaran, penglihatan, dan hati agar kamu bersyukur.”

Dalam perspektif hadits, peserta didik mempunyai karakteristik sebagai berikut:

1. Peserta didik menjadikan Allah sebagai motivator utama dalam menuntut ilmu.
2. Senantiasa mendalami pelajaran secara maksimal, yang ditunjang dengan persiapan dan kekuatan mental, ekonomi, fisik, dan psikis.

عن أبي هريرة قا ل رسول الله صلى الله عليه وسلم ألمٶمن القوي خيروأحب الى الله من المٶمن الضيف
Artinya :
“ Dari Abu Hurairah r,a, ia berkata: Rasulullah saw, telah bersabda: Orang mukmin yang kuat lebih baik dan lebih dicintai Allah daripada orang mukmin yang lemah.”

3.  Senantiasa mengadakan perjalanan (rihlah, comparative study) dan melakukan riset dalam rangka menuntut ilmu karena ilmu itu tidak hanya pada satu majlis al-‘ilm, tetapi dapat dilakukan di tempat dan majelis-majelis lain.

4. Memiliki tanggung jawab
Artinya :
“ Dari Abu Hurairah r.a. ia berkata: Rasulullah saw, telah bersabda: Barang siapa yang ditanyai suatu imu pengetahuan, tetapi ia menyembunyikannya, maka Allah akan menyedikan baginya kekangan dari api neraka di hari kiamat”.

5. Ilmu yang dimilikinya dapat dimanfaatkan


Tugas dan Tanggung Jawab Murid


Tugas dan tanggung jawab dalam perspektif hadits, sebagai berikut:

  • Dalam menuntut ilmu mengutamakan ilmu yang paling besar kemaslahatannya untuk dirinya dan umat, di dunia dan di akhirat.
  • Senantiasa mengulangi pelajaran-pelajaran karena ia beranggapan bahwa dengan pengulangan tersebut berarti ia telah melihat betapa luas dan dalamnya ilmu yang dapat dikaji melalui ayat-ayat Allah, dan karena ia selalu bertasbih.
  •  Mengadakan riset sebagai tindak lanjut dari proses belajar.
  • Mengajarkan kembali ilmu yang telah diperolehnya kepada orang lain.
  •  Ilmu itu dimanfaatkan untuk kemaslahatan dan kesejahteraan umat.
  • Ikut menanggung biaya penyelenggaraan pendidikan, kecuali bagi peserta didik yang dibebaskan dari kewajiban tersebut sesuai dengan peraturan yang berlaku.
  •  Mematuhi semua peraturan yang berlaku.
  •  Ikut memelihara sarana dan prasarana serta kebersihan, ketertiban, dan keamanan di lingkungan satuan pendidikan.
  • Belajar dengan sungguh-sungguh dan mengutamakan menuntut ilmu dari amalan sunnah lainnya.

 Hak-hak Murid

  •  Mempelajari dan mendapatkan ilmu sesuai dengan tingkat kemampuannya.
  •  Mendapatkan perhatian dan kasih sayang secara wajar dari gurunya.
  •  Mendapatkan kesempatan untuk maju dan berkembang seuai denga minat dan bakat yang dimilikinya.
  •  Mendapatkan penghargaan atas prestasi yang diraihnya, baik materil maupun non materil.
  • Mendapatkan hukuman dan ganjaran yang dilandasi dengan kasih sayang.
  • Mendapatkan pengajaran, perhatian, kasih sayang, dan motivasi penuh terutama dari orang tuanya.
  •  Memperoleh pendidikan yang tertuju pada pengembangan potensi fisik dan psikisnya

Etika Murid

Etika Murid Terhadap Dirinya

a. Berniat ikhlas karena Allah semata.

Sebelum memulai pelajaran, siswa harus lebih dahulu membersihkan dirinya dari segala sifat buruk karena belajar itu termasuk ibadah, dan ibadah yang diterima Allah adalah ibadah yang dilakukan dengan tulus ikhlas. Oleh karena itu, belajar yang diniatkan bukan karena Allah akan sia-sia. Nabi SAW bersabda: artinya: “ Sesungguhnya amal perbuatan itu dilandasi atas niat…”

b. Hendaknya tujuan pendidikan itu karena takut kepada Allah SWT dan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Rasulullah SAW bersabda:
تعلموا العلم فأن تعلمه الله خشية٠٠٠٠الخ )(رواه ابن حبان والمعاذ)
Artinya : “ Pelajarilah ilmu karena sesungguhnya mempelajarinya karena Allah adalah sebentuk takut kepada-Nya.”
c. Jangan meninggalkan suatu mata pelajaran sebelum benar-benar menguasainya.
d. Bersungguh-sungguh dan tekun belajar, siang dan malam, dengan terlebih dahulu mencari ilmu yang lebih penting.
e. Tawaddu’, iffah, sabar, dan tabah, wara’, dan tawakal.
f.  Disiplin dan selektif memilih lingkungan (pendidikan).

Islam sangat mengutamakan kedisiplinan, terutama penggunaan waktu, bahkan Allah SWT bersumpah demi masa (waktu). Rasulullah SAW sendiri mewaspadai betul waktu, sehingga beliau bersabda: “ Pergunakanlah lima kesempatan sebelum datang lima kesempitan: sehatmu sebelum sakitmu, waktu lapangmu sebelum waktu sempitmu, masa mudamu sebelum masa tuamu, masa kayamu sebelum masa miskinmu, dan waktu hidupmu sebelum matimu”. (H.R. Baihaqi)

Kemudian murid juga selektif dalam membentuk lingkungan pergaulan, karena lingkungan turut membentuk corak pendidikan, perilaku, dan pola pikir seseorang. Seperti sabda Nabi SAW:
Artinya:” Perumpamaan sahabat yang baik dan sahabat yang buruk itu bagaikan pembawa misik (kasturi) dan penyulut api. Pembawa kasturi terkadang memberi kepadamu atau kau membeli dirinya, atau (paling tidak) kamu mencium bau harumnya. Adapun penyulut api, kalau tidak membakar pakaianmu, maka kamu mendapat bau baranya”.

Baca juga : Hukum Islam : Hukum dan Moral, Positivisme dan Idealisme 

Etika Murid Terhadap Gurunya

1. Hendaklah murid menghormati guru, memuliakan serta mengagungkannya karena Allah, dan berdaya upaya pula menyenangkan hati guru dengan cara yang baik
لَيْسَ مِنَّا مَنْ لَمْ يُوَقِّرْ كَبِيرَنَا وَ يَرْحَمْ صَغِيرَنَا
“Tidak termasuk golongan kami orang yang tidak memuliakan orang yang lebih tua dan tidak menyayangi orang yang lebih muda.” ( HSR. Ahmad dan At-Tirmidzi )

2.  Bersikap sopan di hadapan guru, serta mencintai guru karena Allah. Di antara akhlaq kepada guru adalah datang ke tempat belajar dengan penampilan yang rapi, sebagaimana sabda Rosululloh saw
·         إِنَّ اللَّهَ جَمِيلٌ يُحِبُّ الْجَمَالَ
“Sesungguhnya Alloh itu indah dan suka kepada keindahan.”( HR. Ahmad, Muslim dan Al-Hakim )

3.  Selektif dalam bertanya dan tidak berbicara kecuali setelah mendapat izin dari guru.
 Hadist tentang Etika Menjawab Pertanyaan ketika sedang berbicara

عَنْ ‏ ‏أَبِي هُرَيْرَةَ ‏ ـ رَضِيَ اللَّـهُ تَعَالَى عَنْهُ ـ أَنَّهُ ‏قَالَ :‏بَيْنَمَا النَّبِيُّ ‏ ‏ ‏فِي مَجْلِسٍ يُحَدِّثُ الْقَوْمَ جَاءَهُ أَعْرَابِيٌّ فَقَالَ : مَتَى السَّاعَةُ ؟ فَمَضَى رَسُولُ اللَّـهِ ‏ ‏ ‏ ‏يُحَدِّثُ فَقَالَ بَعْضُ الْقَوْمِ : سَمِعَ مَا قَالَ فَكَرِهَ مَا قَالَ ، وَقَالَ بَعْضُهُمْ : بَلْ لَمْ يَسْمَعْ ، حَتَّى إِذَا قَضَى حَدِيثَهُ قَالَ : أَيْنَ أُرَاهُ السَّائِلُ عَنْ السَّاعَةِ ؟ قَالَ : هَا أَنَا يَا رَسُولَ اللَّـهِ ، قَالَ ‏: ‏فَإِذَا ضُيِّعَتْ الْأَمَانَةُ فَانْتَظِرْ السَّاعَةَ . قَالَ : كَيْفَ إِضَاعَتُهَا ؟ قَالَ : إِذَا ‏ ‏وُسِّدَ ‏‏الْأَمْرُ إِلَى غَيْرِ أَهْلِهِ ، فَانْتَظِرْ السَّاعَةَ.
Artinya : dari Abu Huroiroh berkata ketika Nabi sedang berada di majlis sedang berbicara terhadap suatu kaum dan sedang mengajar. Datanglah seorang badui bertanya Ya Rasul kapan Kiamat, maka Rasul tetap  melanjutkan mengajarnya. Sebagian  orang berpendapat Nabi mendengar yang dikatakan Badui, tetapi Nabi tidak suka terhadap pertanyaan dan sebagian yang lain Nabi tidak mendengar. Sampai selesai mengajar Beliau bersabda mana orang tadi bertanya tentang hari Kiamat? Orang itu menjawab : Saya Ya Rasululloh. Rasul bersabda : Apabila Amanah sudah disia-siakan maka tunggulah kiamat. Orang itu bertanya lagi Apa yang dimaksud dengan menyia-nyiakan Amanah? Nabi bersabda “Apabila urusan itu diserahkan bukan pada Ahlinya maka tunggulah Kiamat”

•         Penjelasan :
Didalam Hadits ini Rasul mencontohkan etika adab menjawab pertanyaan ketika proses pembelajaran dan pembahasan yang berbeda (diluar tema Pembahasan). Orang badui bertanya kepada Rasul kapan kiamat, sedang Rasul mengajarkan lain kepada para sahabatnya (Pembahasan yang lain). Maka Nabi tidak memotong pelajarannya tetapi melanjutkan dan menyelesaikan sampai selesai pelajarannya.[2]
•         Kesimpulan
Hadist tersebut di atas memberikan pemahaman tentang bagaimana adab (etika) ketika seseorang bertanya kepada gurunya, sedang gurunya belum selesai menyampaiakn materi. Maka sebagai guru, Nabi kemudian melanjutkan materi sampai selesai setelah itu baru menjawab pertanyaan sang murid. Setiap pertanyaan yang di ajukan kepada guru pada saat sedang menjelaskan suatu bab tertentu, mestinya pertanyaan menyesuaikan dengan bab yang sedang di bahas.

4.  Mengikuti anjuran dan nasehat guru.Hendaklah seorang penun¬tut ilmu mencontoh akhlak dan kepribadian guru. Mencontoh kebiasaan dan ibadahnya. (Tadz¬kiroh Sami’ hal. 86) Qoshim bin Salam menceritakan: “Adalah para murid Ibnu Mas’ud mereka belajar kepada¬nya untuk melihat akhlak, ke¬pribadian dan kemudian menirunya.” (Adab at-Tatalmudz hal. 40)

5. Jika melakukan kesalahan, segera mengakuinya dan meminta maaf kepada guru.Salah satu Dalil "Minta Maaf" merupakan bagian Ibadah (dalam hadist berikut ini "minta maaf" diistilahkan dengan "meminta agar perbuatannya tersebut dihalalkan oleh saudaranya"):
Rasulullah shallallahu ’alaihi wa sallam bersabda,

 “Orang yang pernah menzalimi saudaranya dalam hal apa pun, maka hari ini ia wajib meminta agar perbuatannya tersebut dihalalkan oleh saudaranya, sebelum datang hari saat tidak ada ada dinar dan dirham, karena jika orang tersebut memiliki amal saleh, amalnya tersebut akan dikurangi untuk melunasi kezalimannya. Namun, jika ia tidak memiliki amal saleh maka ditambahkan kepadanya dosa-dosa dari orang yang ia zalimi.” (H.r. Bukhari, no. 2449

6. Hendaknya murid memilih guru yang tidak hanya betul-betul menguasai bidangnya, tetapi juga mengamalkan ilmunya dan berpegang teguh kepada agamanya. Sabda Nabi SAW:
لا يٶخذ العلم من ٳلا من أمين ثقة لأن قوام الدين با لعلم
Artinya:
”Tidak boleh menuntut ilmu kecuali dari guru yang amin dan tsiqah (mempunyai kecerdasan kalbu dan akal) karena kuatnya agam adalah dengan ilmu”.

 Selain itu, Dalam kitab Ilmu wa Adab al-‘Alim wa al- Muta’allimdikatakan bahwa sikap murid sama dengan sikap guru, yaitu sikap murid sebagi pribadi dan sikap murid sebagai penuntut ilmu. Sebagai pribadi seorang murid harus bersih hatinya dari kotoran dan dosa agar dapat dengan mudah dan benar dalam menangkap pelajaran, menghafal dan mengamalkannya.[3] Hal ini sejalan dengan sabda Rasulullah saw:
الا ان في الجسد مضفة ٳذا صلحت صلح سا ئر عمله وٳذا فسدت فسد سائر عمله الا وهي القلب
“Ingatlah bahwa dalam jasad terdapat segumpal daging, jika segumpal daging tersebut sehat, maka sehatlah seluruh perbuatannya, dan jika segumpal daging itu rusak, maka rusaklah seluruh awalnya. Ingatlah bahwa segumpal daging itu adalah hati.”

Selanjutnya menurut Imam Ghazali, ada sepuluh kriteria yang harus diupayakan oleh anak didik, diantaranya yaitu:

  • Sebelum memulai proses belajar, anak didik harus terlebih dahulu menyucikan jiwa dari perangai buruk dan sifat tercela.
  •  Semampu mungkin anak didik harus menjauhkan diri dari ketergantungan terhadap dunia.
  • Anak didik harus selalu bersikap rendah hati, memperhatikan instruksi dan arahan pendidik, dan mampu mengontrol emosinya.
  • Anak didik harus menghindarkan diri dari suasana perdebatan yang membingungkan.
  • Seorang anak didik harus mmpunyai semangat mempelajari semua ilmu pengetahuan yang layak dipelajari sebagai konsekuensi adanya keterkaitan antardisiplin ilmu pengetahuan.
  •  Anak didik harus belajar secara gradual. Ia perlu menentukan skala prioritas ilmu pengetahuan dengan mengacu kepada manfaatnya, dalam hal ini adalah ilmu agama.
  •  Anak didik harus memahami hirarki ilmu pengetahuan.
  •  Anak didik harus memahami nilai ilmu pengetahuan yang dipelajari dan menentukan mana yang lebih utama dari yang lain.
  • Anak didik mempunyai orientasi atas pendidikannya; tujuan jangka pendek, yaitu memperbaiki dan membersihkan jiwanya; sedangkan orientasi jangka panjang adalah mendekatkan diri pada Allah swt dan berusaha menaikkan derajatnya setara dengan malaikat.
  • Anak didik harus hati-hati dalam memilih sosok pendidik demi kelangsungan proses belajar yang positif. 


KESIMPULAN


Keseluruhan istilah anak didik dalam perspektif hadits mengacu pada satu pengertian, yaitu orang yang sedang menuntut ilmu, tanpa membedakan ilmu agama atau ilmu umum.

Karakteristik peserta didik dalam perspektif hadits adalah: peserta didik menjadikan Allah sebagai motivator utama dalam menuntut ilmu, mendalami pelajaran secara maksimal, mengadakan perjalanan (rihlah, comparative study) dan melakukan riset, bertanggung jawab mengajarkan ilmunya kepada orang lain, dan ilmu itu harus dimanfaatkan untuk kemaslahatan umat dan agama.

Tugas dan tanggung jawab murid adalah: mengutamakan ilmu yang mempunyai kemaslahatan paling besar untuk agama umat dan kehidupan akhirat, mengulangi pelajaran, ikut bertanggung jawab pada pendanaan pendidikan jika ia mampu, mematuhi peraturan yang berlaku, mengutamakan menuntut ilmu dari pada amalan sunat lainnya, dan lain-lain.

Sumber Artikel : 

Abuddin, Nata, Pendidikan Dalam Persepektif Hadits, (Jakarta: UIN Jakarta Press, 20050, Cet. Ke-I
Abudin, Nata, Persepektif Islam Tentang Pola Hubungan Guru-Murid, (Jakarta: Rajawali Press, 2001
Asrorun, Ni’am Sholeh, Reorientasi Pendidikan Islam, (Jakarta: Elsass, 2006), Cet. Ke-3,
Abdulloh bin Abdur rahman bin jibran, Sarah kitabul ilmi min sokhikhil Bukhori